Pertimbangkan Sebelum Membeli Rumah / Lokasi Tanah Untuk Bangun Rumah

>> Kamis, 18 Juni 2009



Bagi anda yang telah berkeluarga, kebutuhan akan rumah menjadi perioritas yang utama. Lokasi dekat kantor serta dekat sekolah anak adalah impian bagi hampir semua keluarga.

Sayangnya kondisi kocek tak selalu bersahabat dengan keinginan, sehingga ada salah satu yang harus dikorbankan. Biasanya rumah yang dekat dengan sekolah anak menjadi perioritas utama.

Tak sekedar dekat dengan sekolah anak, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum anda memutuskan akan membeli rumah tersebut. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan itu antara lain adalah :

  1. Lokasi rumah yang hendak dibeli haruslah mempunyai akses jalan yang mudah dicapai. Jangan mudah tergiur oleh janji-janji manis dan iklan pengembang yang mengatakan bahwa perumahan tersebut hanya 5 menit dari pintu tol. Siapa tahu, 5 menit yang dimaksud hanya terjadi pada tengah malam saat jalan lengang. Untuk memastikannya, ada baiknya jika anda melakukan uji coba di jam-jam sibuk seperti di pagi dan sore hari.
  2. Pastikan lingkungan calon rumah tinggal memiliki suasana dan tetangga yang menyenangkan karena disanalah nantinya anda akan banyak menghabiskan waktu. Urungkan niat membeli rumah jika ternyata calon tetangga anda tergolong super cuek. Biar bagaimanapun, nantinya tetangga adalah orang pertama yang akan dimintai tolong jika ada sesuatu yang terjadi saat anda dirumah bukan ?
  3. Pastikan pula komplek perumahan yang anda pilih memiliki infrastruktur, seperti akses kendaraan umum, luas jalan, listrik, air, keamanan, kebersihan, pasar, mini market, klinik, sarana olahraga, pusat hiburan, dan sebagainya yang bisa dijangkau dengan mudah.
  4. Pastikan rumah yang anda incar tersebut tidak berada pada daerah rawan banjir.
  5. Terakhir, perhatikan kondisi dan kualitas bagunan secara detil. Bila perlu, buat daftar untuk melakukan cek terhadap kondisi atap, tembok, kusen, jendela, kamar mandi, saluran air, serta lubang angin.

Jika lima langkah ini sudah dilakukan, niscaya rumah yang dibeli akan memberikan kenyamanan bagi anda sekeluarga.

Sumber : Kompas, 17 April 2008

0 komentar:

About This Blog

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Shiny by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP